Gambar 1. Tampilan depan Webgis Sebaran ODP-PDP COVID-19 di Provinsi Aceh yang dibangun oleh Tim TDMRC Unsyiah.

TDMRC UNSYIAH Kembangkan Peta Sebaran COVID-19 Provinsi Aceh

Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19) saat ini telah menjadi pandemi dunia, termasuk menyebar di Provinsi Aceh. Oleh karenanya, dalam upaya menghadapi ancaman wabah tersebut, Tsunami Disaster Mitigation and Research Center (TDMRC) Unsyiah dalam Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Unsyiah terus berupaya berperan aktif guna mencegah dan menghambat penularan wabah virus ini secara luas melalui cara-cara preventif. Salah satunya adalah dengan mengembangkan Portal WebGIS (peta berbasis jaringan/daring) untuk membantu Pemerintah Aceh dalam memetakan sebaran virus COVID-19. Peta sebaran tersebut dapat diakses melalui laman (klik):

WEBGIS COVID-19 TDMRC UNSYIAH

Ketua TDMRC Prof. Dr. Khairul Munadi mengungkapkan, “Penyebaran Covid-19 di Aceh sudah sangat cepat dan mengkhawatirkan. Maka, kami berupaya mendorong berbagai tenaga ahli di lingkungan TDMRC untuk bersama-sama mengembangkan sebuah peta persebaran COVID-19 secara interaktif”.

Gambar 1. Tampilan depan Webgis Sebaran ODP-PDP COVID-19 di Provinsi Aceh yang dibangun oleh Tim TDMRC Unsyiah.
Gambar 1. Tampilan depan Webgis Sebaran ODP-PDP COVID-19 di Provinsi Aceh yang dibangun oleh Tim TDMRC Unsyiah.

Berdasarkan keprihatinan tersebut,  selanjutnya Dr. Saumi Syahreza dari TDMRC Unsyiah mengembangkan portal analisis spasial (keruangan) yang tampilan halaman depannya seperti ditunjukkan pada Gambar 1. Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Lab ESRI-Unsyiah. Kemudian portal tersebut dilengkapi bersama-sama oleh peneliti lainya dari Lab GIS dan Remote Sensing untuk Kebencanaan seperti Arisna Fauzia, M.T, Nazriatun Nisa, M.Si dan Ibnu Rusydy, M.Sc di bawah koordinasi Satgas Covid-19 TDMRC Unsyiah.  Data untuk portal peta sebaran Covid-19 daring ini dihimpun bersumber Pemerintah Provinsi Aceh, khususnya Dinas Kesehatan Provinsi Aceh.

Menurut Saumi, peta persebaran Covid-19 ini nantinya akan dikembangkan dalam beberapa dashboard yang meliputi Peta Persebaran Orang dalam Pemantauan (ODP), Peta Persebaran Pasien dalam Pengawasan (PDP), serta Peta Persebaran Kasus Positif dan Kasus Meninggal. Untuk Peta Persebaran PDP, ODP dan kasus positif akan menampilkan sebaran jumlah pasien setiap kabupaten/kota di Provinsi Aceh. “Berdasarkan jumlah tersebut, peta persebaran ini ditampilkan dalam warna yang berbeda, kemudian tren (grafik) ditampilkan dalam diagram garis dan diperbarui kapan saja” Jelas Saumi.