PUI-PT Programs and Activities

pui-drmis

Disaster Risk Management Information System (DRMIS).

Sistem informasi risiko bencana berbasis Web-GIS. Sistem ini dapat diakses melalui internet dan berisikan peta risiko dari berbagai ancaman bencana (hazards). DRMIS untuk Provinsi Aceh dapat diakses melalui: http://tdmrc.unsyiah.ac.id/drmis

 Kajian dan Konsultansi Pemetaan Risiko (Risk Mapping)

Sejak 2008 TDMRC telah terlibat membantu pemerintah daerah dalam melakukan kajian pemetaan risiko bencana untuk beberapa Kabupaten/Kota di Aceh. Keberadaan peta risiko sangat penting dalam menyusun Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) dan Rencana Aksi.

Model Rumah Tahan Gempa.

Rumah tahan gempa yang material utamanya terdiri dari beton busa ringan.

Paket Studi Ilmiah Lapangan tentang Tsunami dan Ancaman Pesisir

Wilayah pesisir Aceh dan pulau-pulau di sekitarnya merupakan laboratorium alam yang sangat diminati oleh berbagai peneliti di bidang kegempaan, tsunami, dan wilayah pesisir. TDMRC telah mengemas “paket scientific field trip” yang dapat dijadikan bahan pembelajaran tsunami dan ancaman pesisir untuk peneliti nasional dan internasional.

Program Pendidikan Magister di Bidang Kebencanaan

Program pendidikan tinggi (higher education) setingkat master (S2) di bidang kebencanaan.

http://mik.unsyiah.ac.id

Paket Pelatihan Nasional “Perencanaan Mitigasi Bencana”.

Program pelatihan non-gelar di bidang kebencanaan (disaster mitigation planning) bagi aparatur pemerintah daerah di Indonesia.

Paket Pelatihan Internasional Tematik “Disaster Risk Management”

Paket pelatihan internasional di bidang manajemen risiko bencana (International Training Course on Disaster Risk Management), yang materinya bersumber dari pembelajaran tsunami 26 Desember 2004.

Paket Pelatihan Internasional Tematik “Coastal Disaster Management”

Paket pelatihan internasional di bidang mitigasi bencana untuk kawasan pesisir (International Training on Disaster Recovery and Mitigation for Coastal Area), yang materinya bersumber dari pembelajaran tsunami 26 Desember 2004. Paket pelatihan ini telah diselenggarakan sejak 2014 dalam kerangka Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST).

Simulasi dan Visualisasi Tsunami

Kajian simulasi numerik penjalaran gelombang tsunami untuk berbagai wilayah di Indonesia dan dunia. Hasilnya dapat menjadi masukan kepada pemerintah dalam menyusun kebijakan terkait dengan upaya mitigasi tsunami.