Kerjasama Penelitian Jangka Panjang Tentang Dampak Rehab-Rekon terhadap Kondisi Sosial-Ekonomi Masyarakat Pasca Tsunami di Wilayah Kecamatan Meuraxa.

Kegiatan penelitian bersama yang dilakukan antara Nagoya University Jepang dengan TDMRC Universitas Syiah Kuala untuk melihat perubahan sosial ekonomi masyarakat setelah rehab rekon. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami hasil yang dicapai dan masalah-masalah yang dihadapi dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi di Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, dilihat dari perspektif masyarakat itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian times series yang dampaknya dievaluasi setiap tahun. Kerjasama penelitian antara Nagoya University dengan TDMRC Universitas Syiah Kuala direncanakan sampai tahun 2010. Penelitian ini dilakukan pada 7 desa dalam Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh dengan jumlah sample adalah 127 sample.

Kerjasama antara Nagoya University dengan Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Universitas Syiah Kuala tidak hanya survey lapangan, tetapi juga pada pemanfaatan bersama data hasil survey untuk kepentingan ilmiah. Saat ini kegiatan tersebut telah siap dilakukan 85% untuk tahun 2007, 2008 dan 2009, kemudian akan dilanjutkan kembali pada Juni 2010.

Hasil penelitian yang telah dilakukan sudah dimuat pada jurnal ilmiah Nogoya University. Secara umum hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa secara gradually masyarakat menilai adanya dampak positif dari kegiatan rehab rekon terhadap pemulihan penghidupan masyarakat. Selain itu masyarakat menilai bahwa sebagian besar perubahan yang terjadi adalah dari sektor fisik bangunannya akibat banyaknya bantuan dari NGO/donatur, BRR, dan Pemerintah Daerah.