Sekolah Siaga Bencana (SSB) di Banda Aceh.

Program Sekolah Siaga Bencana (SSB) merupakan kegiatan untuk membangun kapasitas sekolah melalui penguatan pengetahuan dan sikap, kebijakan sekolah, rencana tanggap darurat, sistem peringatan dini sekolah, dan mobilisasi sumber daya, berdasarkan kapasitas sekolah yang telah ada. Terutama dalam mengantisipasi risiko bencana alam, termasuk gempa bumi dan tsunami.

Dalam pengimplementasiannya SSB ini, Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) – Universitas Syahkuala yang merupakan sebuah institusi riset dan pengembangan kapasitas di Aceh, berperan sebagai mitra LIPI-UNESCO ISDR. Diharapkan kelak, model yang telah di bangun di sekolah terpilih akan dapat dikembangkan lebih lanjut serta lebih luas di wilayah-wilayah rawan bencana di Provinsi Aceh. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman, partisipasi serta membangun komitmen masyarakat sekolah untuk merintis Model Sekolah Siaga, tingkat Sekolah Dasar, Menengah Pertama dan Menengah Atas. Kedepannya, Kesiapsiagaan Berbasis Ilmu Pengetahuan yang dibangun melalui sekolah model ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi sekolah serta lembaga pendidikan lainnya di Aceh dalam pengembangan kesiapsiagaan bencana dalam skala lebih luas serta mandiri.

Hasil yang dicapai dari kegiatan ini yaitu:

  • Fasilitator yang mempunyai kapasitas untuk TDMRC dalam merintis model SSB lainnya.
  • Tersedianya model awal SSB melibatkan seluruh elemen sekolah yang menjadi percontohan bagi sekolah lainnya untuk membuat program kesiapsiagaan bencana berbasis sekolah.