Aceh Tsunami Digital Repository (ATDR)

ATDR adalah sebuah system yang dirancang untuk domentasi secara elektronik yang dapat menyimpan dan mengatur data/informsi tentang Tsunami Aceh serta data/informasi lainnya yang berhubungan dengan kebencanaan.

Setelah bencana gempa bumi dan Tsunami 26 Desember 2004, banyak data dan informasi penting tentang kerusakan, korban jiwa,dan kerugian lainnya. Selanjutnya diikuti oleh rehabilitasi dan rekontruksi Aceh yang dalam prosesnya banyak menghasilkan data dan informasi terutama dalam konteks ilmiah dan pendidikan pengurangan resiko bencana. Data/informasi yang banyak dan tersebar tersebut hilang jika tidak dikumpulkan dan dipelihara. Namun data/informsi yang dihimpun tersebut tidak berarti jika tidak dibagi atau disebarkan dengan cara berbagi pengetahuan. Untuk itu, TDMRC (Tsunami and Disarter Mitigation Research Center) yang didukung oleh Pemerintah perfektur Hyogo-Jepang, menginisiasi rencana membangun gudang data/informasi terebut secara digital yang disebut

ATDR memberikan banyak manfaat yang dapat digunakan oleh komunitas peneliti seluruh dunia untuk cakupan penelitian yang sangat luas, seperti kolaborasi penelitian dan analisa dari berbagai sudut pandang multi-disiplin ilmu. Dengan tersimpannya data tersebut dapat mudah diakses oleh peneliti di mana pun dan kapanpun serta mereka yang akan muncul dimasa akan datang.

Sehingga, ATDR yang dibangun berbasis web database ini berlaku inversal, dapat diakses siapa saja, kapan saja dan dimana saja selama akses ke internet tersedia.
Sumber data yang didapat untuk ATDR kumpulan data/informasi yang dihimpun selama proses rehabilitasi dan rekontruksi Aceh 2004-2009, seperti data dari internal TDMRC, BRR, ManGeoNAD, SDC, GTZ, Wetland, Polda Aceh, Pemerintah Aceh dan lain sebagainya.

Sistem yang digunakan dalam menyimpan data tersebut memakai sebuah software open source, DSpace. DSpace dirancang sebagai landasan/platform gudang data digital yang sudah lazim digunakan untuk menyimpan data yang berjumlah besar.
DSpace memberikan kemudahan dalam mengenali berbagai tipe data dalam bentuk digital.
Data-data yang sudah dihimpun dan diolah, ditampung dan diaskes lewat web internet tersendiri. Web ATDR memiliki fungsi metadata dan pencarian/searching: browsing title, subject, author, dan sebagainya.

ATDR dapat diakses secara online pada alamat : atdr.tdmrc.org